Kumpulan artikel menarik seputar kesehatan, nutrisi, dan tips hidup sehat.

Jumat, 04 Mei 2012

Menghindari Osteoporosis


Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana berkurangnya kepadatan jaringan tulang atau terjadinya pengeroposan pada tulang. Hal semacam ini sering dikaitkan dengan usia, tetapi beberapa orang berada pada risiko kehilangan jumlah yang lebih besar dari yang lain dan osteoporosis.

Proses Penuaan
Dini Proses penuaan dini dimulai pada sekitar usia 25 tahun dan pada usia mendekati 40 tahun, kalsium serta mineral lainnya didalam tulang berkurang lebih cepat daripada seharusnya. Pada wanita menurunnya hormon estrogen menjadikan pengeroposan tulang menjadi lebih cepat. Penuaan dini juga ditandai dengan kerusakan kulit, kulit tampak kusam dan berkerut serta muncul flek-flek hitam. Hal tersebut dikarenakan kurangnya vitamin C dalam menghadapi radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Pengeroposan tulang atau penuaan dini ini dapat dipercepat prosesnya oleh beberapa hal, diantaranya seperti hal-hal berikut:

1. Pola makan yang tidak sehat
2. Kekurangan kalsium
3. Kebiasaan merokok
4. Gemar minum minuman beralkohol
5. Jarang berolahraga
6. Stres

Gejala
Penderita osteoporosis biasanya merasakan linu-linu dan sakit terutama ketika melakukan pergerakan anggota tubuhnya. Itu sebabnya gejala-gejala yang harus diwaspadai sebagai awal osteoporosis adalah rasa pegal, linu-linu dan nyeri tulang terutama pada bagian punggung dan pinggang. Akibat dari osteoporosis, orang akan mudah mengalami fraktur atau patah tulang spontan, terutama pada pergelangan tangan, pinggul dan tulang belakang.

Mencegah Osteoporosis

Berikut beberapa tips pencegahan osteoporosis:

Konsumsi kalsium yang cukup
Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, perlu diperhatikan produk pangan yang disantap. Salah satu sumber kalsium yang cukup baik adalah susu. Dua gelas susu sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Kalsium juga banyak terdapat di kacang kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya.

Konsumsi vitamin D
Vitamin ini mampu memelihara kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dari sistem pencernaan, serta mengurangi pembuangannya dari ginjal. Kebutuhan vitamin D yang normal per hari adalah 400 mg. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan seperti ikan (salmon dan sarden), kuning telur, hati, susu, keju, dan produk olahan susu lainnya.

Rutin olahraga
Olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih tulang adalah dengan melakukan olahraga yang memberikan gaya tekan pada tulang, gaya renggang, dan gaya pelintir. Gaya tersebut dapat merangsang pertumbuhan tulang sehingga tulang menjadi sehat. Anda dapat mencobanya dengan bersepeda, joging, jalan kaki, atau naik turun tangga.

Selalu hidup sehat
Mengkonsumsi makanan bergizi yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Terkadang orang berfikir bahwa dirinya mengidap osteoporosis sehingga mengkonsumsi kalsium secara berlebihan. Ini malah akan menambah bahaya karena mengakibatkan pengapuran pada persendian dan timbul gejala awal berupa linu2 dan sakit pada persendian. Linu dan sakit pada persendian dapat terjadi karena kekurangan kalsium sehingga tulang keropos karenanya, akan tetapi bisa juga terjadi akibat mengkonsumsi kalsium secara berlebihan sehingga terjadi pengapuran. Perlu di waspadai dan dilakukan pemeriksaan secara dini agar tidak terjadi salah persepsi yang dapat berakibat fatal.

Semoga beberapa pengetahuan diatas dapat membantu untuk menghindari osteoporosis.

0 komentar:

Posting Komentar